JURUS AKTIVASI MICROSOFT OFFICE 365 DENGAN BATCH FILE

Drama konsumen versus penjual gadget, ada yang senasib ?

Postingan gue kali ini, mau cerita soal pengalaman gue nemenin salah satu penghuni di rumah yang mau beli tablet plus tips kalo mau beli tablet. Nah, jadi ceritanya begini, dengan riset kecil-kecilan dan beberapa pertimbangan, terpilihlah sebuah tablet yang kita rasa cocok dari segi spesifikasi dan harga. Karena udah ngerasa cukup pede dengan data hasil googling sana sini di internet soal beberapa hal terkait gadget ini, sampailah kita di toko resmi yang jual tablet ini. Kita maunya pilih toko resmi soalnya biar ngga ada kejadian yang ngecewain pas di belakang.

 

Karena mind setting kita itu toko resmi, kita cuma fokus sama spesifikasi barang dan harga aja. Akhirnya setelah deal, tibalah saat-saat packing buat resmi itu barang pindah tangan ke sisi kita. Nah, momen zonk  terjadi saat si penjual sambil packing barang bilang ke kita yang intinya kita harus setting sendiri pengaturan tabletnya karena dia ngga ngerti caranya dan staff yang biasa handle ini udah resign. Hemm, sempet ngerasa bete banget. Masa cuma soal aktivasi aja mesti kita tanya juga dari pas pertama ngobrol sama penjualnya, itu kan seharusnya udah bagian dari service pokok. Tapi mau marah malu juga kan itu tempat umum..hehe.. Akhirnya sampe di rumah, kita periksa itu setting-an  dalem tablet. Ternyata setelah dicek baru ketahuan bagian mana yang jadi PR kita.

 

Bagian yang jadi PR kita itu ternyata Microsoft Office 365-nya yang belum diaktivasi. Duh, sempet bingung juga soalnya kita ngga dikasih serial number buat aktivasiin itu program. Akhirnya daripada kejebak di situasi zonk yang berlarut-larut, kita blog walking buat cari-cari cara supaya bisa aktifin program itu. Beberapa kali kita ketemu blog bagus yang nerangin cara buat aktivasiin program dengan cara-cara alternatif selain pakai serial number. Tapi sayangnya, cara ini ngga kita pakai karena ngga cocok ataupun karena alamat penyimpanan kode aktivasi ternyata udah expired. Ngga tau apa karena emang lagi kurang beruntung, pada akhirnya kita ngga dapet solusi dari hasil blog walking.

 

Akhirnya daripada esmosi jiwa ngga jelas, kita nyari cara aktivasi di YouTube. Setelah ubek-ubek YouTube dengan gonta ganti keyword pencarian, ketemulah kita dengan tutorial bagus milik YouTuber Arsalan Ali Sajid. Singkatnya, setelah dicoba tipsnya, ngga pake lama semua program yang ada di Microsoft Office 365 itu sukses teraktivasi. Thanks banget ya Mister Sajid..hehe..Buat yang udah ngga sabar mau liat channel-nya Mas Sajid, ini link-nya Aktivasi Microsoft Office 365 . Jangan lupa subscribe ya..hehe.

 

Nah, karena pengalaman gue -pribadi- adalah gue ngga ketemu tipsnya dari hasil blog walking, disini gue mau posting cara aktivasiin Microsoft Office 365 dengan metode aktivasi batch file yang gue lihat dari channel-nya Mas Sajid. Mudah-mudahan tips ini berguna buat yang pengen cari cara buat aktivasiin via blog walking, karena pengen lebih hemat ketimbang cari di YouTube yang lebih boros kuota.

 

Oia, sekedar info tambahan, sebetulnya ada cara lain buat aktivasiin program ini secara gratis yaitu dengan cara daftar di situs resminya. Kalo daftar di situs resminya, syarat buat ngedapetin program ini yaitu harus punya email institusi. Gue pribadi ngga cocok dengan cara ini, karena gue udah bukan pelajar, mahasiswa, ataupun staff institusi, jadi ya gue mesti pake cara yang lain. Dan cara yang cocok itu ternyata dengan cara aktivasi via metode batch file. Oke, jadi caranya begini :

 

  1. Program yang belum teraktivasi akan keliatan dari tulisan di bagian atas yang muncul saat lo buka program itu. Kalo mau lebih yakin lagi, lo bisa cek dengan buka program tersebut kemudian klik File –> klik Account. Nah, nanti disitu bakal keliatan tulisan yang intinya ngasih tahu kalo program itu belum teraktivasi.
  1. Nonaktifin sementara antivirus yang lo punya.
  1. Ketik di browser : bit.ly/office365txt kemudian tekan enter.
  1. Segera akan muncul kode aktivasi di layar komputer (kalo kata kenalan gue yang orang IT, itu katanya kode perintah untuk dijalanin di command prompt Windows).
  1. Copy paste semua kode yang muncul itu di program notepad.
  1. Save file kode tersebut dengan ekstensi tipe batch file. Simpelnya : simpen dengan nama file 1click.cmd
  1. Pilih lokasi penyimpanan file tersebut di desktop aja biar gampang dicari.
  1. Buka file tadi, dengan cara klik kanan pada file tersebut dan pilih Run as Administrator.
  1. Ngga berapa lama, file tadi akan membuka command prompt.
  1. Ditunggu aja, sampai ada tulisan success
  1. Kalo udah muncul tulisan sukses, tutup command prompt itu, terus buka program Microsoft Office 365 tadi buat ngecek udah sukses teraktivasi atau belum. Buat sampel, bisa pilih program Microsoft Words. Kalo udah berhasil, biasanya pas baru buka program tersebut, di bagian atas udah ngga ada lagi tulisan pemberitahuan kalo program belom teraktivasi. Atau kalo belom percaya juga, bisa klik File –> klik Account, kalo udah berhasil nanti disitu ada tulisan sukses teraktivasi.
  2. Aktifin lagi antivirus yang tadi di-nonaktifin

 

Setelah sukses teraktivasi, besoknya kita bawa ke tempat services resmi buat ngecek masa garansi dari tablet itu karena kata tokonya, barang ini dapet garansi 1 tahun. Kita mau ngecek aja, soalnya dulu pernah punya pengalaman pas gadget rusak, terus dibawa ke tempat service ternyata masa garansi udah ngga berlaku karena masa garansi itu dihitung dari tanggal produksi, bukan tanggal pembelian. Tapi gadget yang ini sama gadget yang dulu beda merk loh, jadi mau mastiin apa peraturannya semodel kayak begitu yang penuh gimmick atau normal-normal aja..hehe. Kalo aneh-aneh, gue mau tanya-tanya sama staff disana, bisa ngga perpanjang masa garansinya. Secara ini pembelian baru dan buat barang yang bukan second.

 

Singkatnya, setelah kita tanya-tanya sama staff di tempat service resmi itu, katanya garansi dihitung dari tanggal pembelian bukan dari tanggal produksi. Kalo mau service, disaranin bawa surat-suratnya lengkap dan bawa juga nota pembelian sebagai bukti kalo emang pembelian itu dilakukan ngga melewati masa satu (1) tahun. Dan staff-nya juga jelasin kalo masa satu (1) tahun ini, udah termasuk garansi service dan garansi suku cadang. Suku cadang dikasih garansi, selama kerusakan bukan karena kelalaian users. Yah, mudah-mudahan ya, semoga kalo nanti gadget ini butuh opname di tempat service, penjelasannya ngga ada yang diamandemen alias tetep sama persis..hehe.

 

Jadi intinya, dari pengalaman gue ini yaitu :

  1. Menurut gue pribadi, better untuk cari tahu sendiri dulu merk apa yang spesifikasi produknya cocok dan juga harga pasarnya cocok. Soalnya biar sesuai sama kebutuhan dan kalo pun penjualnya ngambil untung, ya masih manusiawi gitu.
  1. Meskipun udah dateng ke toko resmi, buat jaga-jaga aja, sebelom deal sama penjualnya mending tanya di depan apa semua software dan setting-an dalemnya udah sekalian di-set up sama dia atau nanti kita sendiri yang set up. Soalnya biar ngga ada rasa zonk di belakang. Iya, kalo ternyata di internet ketemu cara buat set up, kalo ngga masa mau balik lagi..hehe..
  1. Datengin tempat service resmi-nya, sekalian tanya masa garansi dihitung dari masa pembelian atau masa produksi. Terus masa garansi ini brutto atau netto. Contoh : Kalo masa garansi dua (2) tahun itu bruto, maksudnya satu (1) tahun garansi suku cadang dan satu (1) tahun garansi service. Jadi intinya kalo pake hitungan tanggalan kalender masehi, yah cuma satu (1) tahun bukan dua (2) tahun..hehe.. Nah, kalo yang netto tuh, baru beneran dua (2) tahun.
  1. Kalo bisa, pilih tempat pembelian resmi yang deket sama tempat service resmi, jadi setelah beli bisa langsung ceki-ceki di gerai service-nya.
  1. Apalagi masih masa garansi, kalo pas dateng ke tempat service lebih baik bawa semua surat dan nota saat pembelian.

 

Nah, gitu deh sedikit pengalaman gue pas abis nemenin orang. Oia, merknya sengaja gue bikin nge-blur biar fokus ke tipsnya..hehe.

 

Ngga ada drama, ngga ada bahan posting-an..hehe.

 

Sumber :

Trik aktivasi :  Aktivasi Microsoft Office 365

Selebihnya curhat, alias pengalaman pribadi 🙂

IG : @estalinafebiola

Leave a Reply