EDIT PAKSA FILE PDF

Emang File PDF masih imun buat diotak-atik?

Pertama kali gw kenal file berekstensi PDF, gw pernah dikasih tahu kalo file dibuat berekstensi begini supaya ngga bisa diutak-atik lagi. Dan itu artinya, ngga sembarang orang bisa ngedit isi dari file yang punya ekstensi ini. Iseng-iseng surfing di internet, ternyata gw ketemu beberapa software yang katanya ampuh buat ngedit file yang berekstensi PDF yaitu Foxit Advanced PDF Editor atau PDF Fill PDF Tools. Singkatnya, dua software itu gw download dan install di komputer gw. Gw lakuin itu soalnya gw pikir, yah kali aja nanti butuh jadi ngga perlu harus ubek-ubek internet lagi.

 

Mungkin karena tiap hari gw ketemu dokumen, akhirnya sampailah gw dikondisi dimana gw harus ngedit file berekstensi PDF. Singkatnya, ngga tau kenapa pas gw mau ngedit pake dua software yang sebelumnya udah gw install itu, hasilnya gagal total. Gw ngga maksud bilang software-nya ngga pamungkas yah, cuma emang file gw-nya aja yang rebel. Mungkin si file itu udah ditakdirin ketemu sama gw buat menguji kesabaran gw kali ya..hehe..

 

Oia, gw mau nambahin nih, si file berekstensi PDF ini adalah file hasil scanning. File ini jadi berekstensi PDF dengan manfaatin fitur otomatis yang ada di scanner. Sebetulnya akan lebih gampang kalo gw tinggal minta dokumen yang sama dengan ekstensi docx (hasil Microsoft Word), tapi kadang ada beberapa hal yang bikin gw jadi ngga enak hati sendiri kalo minta begitu. Yaudah, gw otak-atik, voila akhirnya ketemu juga cara buat ngejinakkin si rebel ini..hehe.. Sekalian biar gw-nya juga ngga lupa, jadi gw mau tulis pengalaman gw soal ini. Oia, cara ini bisa juga dipraktekkin buat file PDF yang bukan hasil scanning tapi kebal sama dua software tadi. Buat alternatif aja sih.
Hal yang gw lakuin, yaitu :

 

  1. Software-software yang dibutuhin yaitu JPG to PDF converter, PDF to JPG converter dan Adobe Photoshop (kalo belum punya bisa download dan install di komputer),
  1. File berekstensi PDF itu diubah jadi file JPG dengan pakai software PDF to JPG converter,
  1. Edit file PDF tadi pakai software Adobe Photoshop
  1. Selesai diedit hasil filenya kan JPG, bisa langsung diubah lagi ke ekstensi PDF dengan software JPG to PDF converter
  1. Kalo hasilnya akhir dari file itu ukurannya kegedean, bisa dikecilin pake software Orphalis PDF Reducer Free

 

Nah, itu tadi sih pengalaman gw pas mau ngejinakkin si rebel ini. Oia, buat tambahan aja, kalo misalnya file yang selesai diedit itu pas mau dikonversi ke format PDF lagi ternyata ada beberapa halaman, pakai software JPG to PDF converter aja juga udah cukup kok. Cukup pakai software ini karena tool ini bukan cuma bisa buat ngubah ekstensi file tapi juga bisa buat buat merging beberapa file yang ada menjadi satu file. Hasilnya jadi simpel ya.

 

Satu lagi note dari gw buat tambahan, gw pribadi buat ngubah file dari satu ekstensi ke ekstensi yang lainnya, lebih suka pake software yang gw punya dibanding pake jasa situs gratisan (jasa online). Alasannya simple sih, buat keamanan aja. Soalnya kalo gw pake fitur dari jasa online, otomatis dokumen gw akan ada di server dari si penyedia itu. Bisa aja sih, si penyedia jasa online itu udah kepikiran sampe situ jadi udah punya kebijakan tersendiri buat ngelindungin privacy partnernya. Yah, tapi secara gw ngga mau ambil resiko, gw ngga mau kalo tiba-tiba pas lagi googling sesuatu di internet dengan kata kunci –misalnya– “dokumen Febi filetype:PDF”, terus klik tab “gambar” eh muncul dokumen gw yang pernah gw upload ke situs itu. Wah, jangan deh nanti jadi susah tidur gw. Baru bentaran tidur, eh udah kebangun lagi. Kalo gw ngga bisa tidur-tidur atau durasi tidurnya pendek-pendek, nanti gw disangka mau saingan sama jerapah lagi..hehe..

 

Ada alternatif yang lain?..Silahkan, Gan..           

IG : @estalinafebiola

 

12 thoughts on “EDIT PAKSA FILE PDF

Leave a Reply